Pages - Menu

Saturday, November 17, 2012

Apalah Arti Sebuah [Nama] Mimpi

     Sebelum tidur kemaren malem, gue sempet doa kepada Allah, semoga gue dideketin sama jodoh gue. Dan bukannya dideketin sama jodoh gue, gue malah dikasih mimpi. Gue mimpi nangkepin burung trs dimasukin ke dalam sangkar. Nggak tau juga itu sangkar dapet darimana, udah g layak pake sih kayaknya dilihat dari bentuknya yang udah ga manusiawi. Meski beberapa orang bilang kalo nangkepin burung itu bakalan didenda, tapi gue maksa aja nangkep-nangkep itu burung karena pada dasarnya gue suka banget sama burung. Gue nangkepin burung Gemak [ga tau bahasa indonesianya itu burung apa, :D] EDIT: Setelah beberapa hari gue mikir akhirnya gue tau juga Burung itu bahasa indonesianya Burung Puyuh, ekekekekek #Bego. Cara nangkepnya aja aneh, gue pake kayu panjang kayak yang biasa dipake sama tetangga-tetangga [termasuk gue] pas lagi nyolong mangga tetangga. Tapi itu dulu, ketika gue masih unyu-unyu dan sering maen sama anak-anak seumuran.

     Menurut penafsiran orang jawa kuno, makna mimpi itu tuh katanyaaaa sihhh... mau dapet momongan. Pertama kali gue tanya ke kakak gue waktu masak pagi tadi. Dia bilang, kalo mimpi nangkepin burung tuh tandanya mo dapet momongan. Gue nggak percaya dunk, secaraa usianya kan baru 26 tahun, masa iya ngerti masalah penafsiran jawa gitu. Gue mikir dan juga bingung meskipun katanya nggak percaya. Disela-sela kebingungan gue mendadak suami kakak gue muncul dari semak-semak deket dapur. Kepalanya nongol duluan, kupingnya gerak-gerak kayak kucing yang lagi nangkep sinyal buat dikasih makan. Kakak ipar gue itu ternyata ikut mengiyakan argumen kakak gue tadi. Nggak nyangka, ternyata selama dibalik semak-semak tadi dia nguping pembicaraan gue sama kakak gue tadi. Dari situ, gue makin mikir keras dan makin bingung nggak keruan. Masalahnya kakak ipar gue itu ngerti banget masalah penafsira-penafsiran jawa kuno, meskipun dia sendiri bukan 100% keturunan jawa, :D

     Selama 6jam Otak gue di isi sama makna mimpi menurut kakak dan juga kakak ipar gue tadi. Kemudian gue ngobrol rame-rame di belakang rumah sambil bersihin halaman belakang, ada kakak gue, emak, Daddy [kenapa mendadak jadi manggil daddy yak? :p] sama satu tetangga gue yang lumayan kuno, yah maksud gue lumayan berumur alias nenek-nenek. Semua diem, cuman kedengeran suara angin sama bebek, sama ayam, sama suara hati gue yang masih bertanya-tanya masalah makna mimpi tadi. Karena masih penasaran, gue mulai buka mulut...

    "Lek ngimpi nemu manuk trs dilebetaken teng kurungan niku nopo'o to????" [Tanyaku, mix ngoko+krama, secara bahasa krama gue ilang seketika waktu gue udah masuk sekolah dan bergaul sama anak-anak tetangga yang pake bahasa ngoko setiap harinya, nggak mandang sama siapa lawan bicara mereka]. Bukannya langsung dijawab, semua mata malah tertuju padaku. Keren!! Apa-apaan sih nih orang-orang bukannya ngejawab malah ngeliatin muka gue!
     "Loo lak apene nyusul mbak e nhu??" Jawab si nenek-nenek tetangga gue tadi. Yah.. jadi maksudnya, gue mau punya anak sama kayak kakak gue yang baru empat bulan kemaren punya anak. Dan parahnya lagi, emak gue juga ikut-ikutan meng-iya-kan makna mimpi tersebut.

     "AAPPPAAAaaa???!!!!!!!!!!!!!!" Gue panik seketika. Gue bingung 100kali lipat dari sebelumnya, Gue frustasi ampe jambak-jambak rambut gue sampe lari-lari juga sambil nangis gara-gara dikejar kambing jantan milik tetangga yang tiba-tiba muncul dari belakang gue. 
     Gue mulai berpikir yang nggak nggak dan yang iya iya. Nggak mungkin gue.... Yah nggak mungkin!!! gue nggak mungkin.... Gue nggak mau bilang gue nggak mungkin ngapain karena itu pamali buat disebutin, dan kalian pasti tau dunk yak kelanjutannya?  Gimana bisa punya momongan suami aja belom ada. Jangankan suami, pacar aja nih masih gak jelas. Jangankan lagi pacar, cowok aja ogah deketan sama gue. Gimana mo punya anakkk??????? :sigh: Kayaknya udah nggak bener ini penafsiran mimpi menurut primbon jawa kuno.Dan gue memutuskan NGGAK PERCAYA!!!

     Tapi yaa... meskipun gue tadi sempet bilang nggak percaya pake HURUF KAPITAL miring plus ditebelin dan digarisbawahi dan juga di highlighter-in, tetep aja, gue masih kepikiran soal makna mimpi itu sampai malem ini saat tulisan ini gue tulis 11/17/2012, 12.06 Am, dan mungkin juga sampe besok.. besok lagi... besok lagi...lagi...... dan lagi\ sampe besoknya banyak.

Believe in GOD!! ^_^

6 comments:

  1. Hahhahaa.... mo ketawa... :P

    nek jowo ngokoe ben diabadekno hahaa ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lahh kan udah ketawa ituw.. :p

      mksdnya apa nih eda?? meski orang jawa tapi aku g mudeng sama kalimat terakhirmuw. hahaha #PLaakkk!!

      Delete
  2. Cuma bunga tidur, kok. Eh, usia ditulis jadi 26, mana yang benar? *Bingung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu Kakakku yang usia 26, beda 4 tahun sm saya. hehe. :D

      Delete
  3. Mimpi atau bunga tidur kerap kali ditafsirkan dalam kehidupan. Setiap mimpi berbeda-beda dan terkadang dapat diingat dan terkadang lupa akan mimpi tersebut.

    ReplyDelete
  4. Menarik gan untuk pembahasannya arti dari mimpi, sukses untuk artikel pembahasan lainnya

    ReplyDelete