Pages - Menu

Tuesday, July 8, 2014

Endang Susanti - Sulastri [Lagu Banyuwangi]

          Met Bersantab sahur sodara-sodara! (Nulisnya pas sahur tadi sih, :p) PAS selesai sahur pagi-pagi buta banget ini, mendadak saya pengen dengerin salah satu lagu daerah yang belakangan ini lagi ngetren-ngetren beken di kampung saya. Di TV lokal, muncul lagu ini, lapangan volley di deket rumah juga nyetelnya lagu ini, sebelum pertandingan di mulai. Anak murid les saya juga edyan sama lagu ini, dari baru
dateng sampai pulang lagu ini mulu yang dinyanyiin. Dan saya bengong aja dengerin.

          Pertama kali saya denger lagu ini tuh ya dari anak murid les saya tadi. Awalnya beneran gak paham itu lagu apaan, Jawa atau Banyuwangi? Karena kata-katanya mirip-mirip antara Bahasa Jawa sama Bahasa Osing. Tapi lama-lama TV lokal dan para tetangga sibuk banget nyetel nih lagu dari pagi ketemu pagi. Buset dah! Dan disitulah saya baru tau kalau ini lagu berasal dari daerah tetangga, Sun Rise Of Java alias Banyuwangi. Yap, Bahasa Osing emang mirip-mirip sama Bahasa Jawa. Tulisannya sama, cara bacanya aja yang sedikit agak beda. Contoh: Madang dibaca Madyang, artinya sama sih, makan.   Beti lah. Beda tipis. Karena tetanggaan kali ya. Oke deh, satu contoh saja, banyak-banyak takut salah. Bisa di serbu saya nanti. (Tapi gak satu juga kali Neng!) Hihi. Ya udah saya tambahin, Kembang -> Kembyang = Bunga, Kuat -> Kuwyat = Kuat, Tibakno -> Tibyakno = Ternyata, apalagi ya... *blank* *tingak tinguk* *pura-pura udah kasi contoh banyak* 

          Kembali lagi ke lagu yang saya bilang ngetren tadi. Sebenarnya lagu ini udah mulai di perkenalkan di publik pada tahun 2013 lalu. Liriknya simple tapi ‘Nyes’ banget. Gak cuman lagu ini aja sih, rata-rata lagu Banyuwangi itu emang liriknya simple tapi  krenyes-krenyes alias maknanya dalem. Itu menurut saya. :D

          Dan saya juga baru tau belakangan ini kalau anak murid les saya tadi nyanyinya gak bener. Sesat. Alias nadanya melenceng ke sana kemari. Ternyata itu yang bikin saya bengong kemarin-kemarin. :D Sebenernya ada beberapa lagu yang saya suka yang dinyanyiin sama Mas Wandra ini, cuman pagi ini saya pilih Endang Susanti - Sulastri untuk didengerin. 

Anak muda kok dengerinnya lagu koplo-an, gak modern amat!

Biarin! Namanya juga suka, sekalian lah nunjukin rasa cinta terhadap budaya Indonesia. *eciee alasannya…* Ini kan bagian dari budaya kita toh? Yes!

Langsung aja klik dan dengerin lagunya juga. J


 

Lirik:
Endang Susanti, Endang Sulastri
Bocah Ayu kudangane ati – gadis cantik pujaan hati
Raino bengi mung kowe sing tak kanti – siang malam hanya kamu yang ku tunggu
Masio nganti tumekaning pati – meskipun hingga maut menjemput
Endang susanti bocahe lugu – Endang susanti gadisnya lugu
Endang sulastri rodo kemayu – Endang Sulastri agak ‘kemayu’
Bingung atiku milih sing endi – Bingung hatiku pilih yang mana?
Sing iso nggawe senenge ati – Yang bisa membuat hati senang
Iki piye aduh emak iki piye – bagaimana ini Ibu bagaimana?
Loro-lorone aku podo demene - dua-duanya sama-sama ku suka
Iki piye aduh bapak iki piye? – Bagaimana ini Bapak bagaimana?
Ra mungkin aku milih loro-lorone – tidak mungkin aku pilih keduanya
Susanti tak pilih – Susanti ku pilih
Sulastri kepiye? – Sulastri gimana?
Loro-lorone podo ayune – dua-duanya sama cantiknya.

Subtitle kurang lebih kayak gitu. Kalau ada yang salah mohon untuk dimaklumi. :D


8 comments:

  1. MasyaAllah ... Si Ipud, PAS selesai sahur buta, malah pengen dengerin lagu daerah .... kok bisa gitu..? harusnya tadarusan plus siap2 shalat subuh ... trus, tadarusan lagi ... ah, gak modern amat yak ... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. lha iya itu bang.. Jann gak modern Blass ya, :| :|
      *Istighfar...

      Delete
  2. Wuahahaha ...se7, lagunya menggelitik hatiii sangatt ... :)
    walaupun Endang susanti bocahe lugu – or, Endang sulastri rodo kemayu ... yes yes ... ;)
    tapi hatiku terlanjur kepincut ama Si Ipud nan cantik plus imud ... gimana donk :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ecieee.... tapi kalo Si Ipudnya doble Bang, lugu ples kemayu. wkakakkaka....

      Delete
    2. Si Ipudnya doble ? Ora isoo, single wae.titik..! ;) Wuahahaha ,,, maksa.com :P

      Delete
    3. Lho, Puasa puasa kok maksa, ayo paksa terus aja.. *nahlo.. piye to iki? wkwkwk

      Delete
  3. Sipud...! Emang gemesin, bukannya bicarain ngaji malah nyanyi, hihi....
    Saya juga gak tahu ada lagu itu, kudet abis.
    Eh, Sipud, kayaknya Abang suka banget main rayu, doyan yang kemayu. Waspadalah, waspadalah, Wahai Cah Ayu.... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih Mbak, enaknya di apain yak, bandel gini. hihihi..
      bukan kudet kok Mba, lagu-lagu daerah emg biasanya gitu, kalah sama lagu ibukota, tapi kalo udah dibawain sama artis ibukota barulah keliatan beken, tp kalo pas beken sih. :D :D
      ini udah bukan waspada lagi, naik jadi Siaga. :D

      Delete