Pages - Menu

Saturday, January 3, 2015

Burungku Sayang Burungku Malang


Met malem semua… Tadinya aku gak berniat buat nulis ini sih, cuman gara-gara baca inbox temen di FB yang bilang kalo do’I suka miara burung, aku jadi keinget jaman masih unyu-unyu dulu, yang juga sempet miara burung. Meskipun burung yang ku piara itu cuman burung
kampung yang harganya kalo gak salah sih dulu Rp. 500 per ekor. =)) Pernah denger gak sih burung Emprit (Gak tau deh bahasa Indonesianya burung apa. Haha, pokoknya burung yang itu deh yak.) *satu jam kemudian* Baru inget, namnya burung Pipit. Halaahhh.. wkwkwkwkwk.
Sumber
            Aku bisa bilang harganya segitu karena embahku sempet beliin aku tuh burung duluk waktu aku maen ke rumah embah. Warnanya macem-macem, meski aslinya tuh burung warnanya cuman coklat tua dan putih dibagian dada. Biasa lah, penjual yang berulah biar lebih menarik hati konsumen. Kan jadi unyu-unyu warnanya. Kebetulan, waktu itu burungku ada yang berwarna hijau, kuning, merah, sama yang satu lagi lupa. :D Jadi seingetku jumlahnya ada empat.

            Karena gak ada sangkarnya, akhirnya tuh burung sama almarhum om ku dimasukin ke dalem bambu. Jadi bambunya agak dibelah dua, trus burungnya dimasukin ke dalemnya. Entah kenapa bisa ada ide demikian. Hahaha. Tapi yang jelas burung-burung itu selamat sesampainya di rumahku.

            Tapi ternyata Tuhan berkehendak lain. Setelah udah ku pindahin ke sangkar yang beneran, aku ajak main-main tuh burung. Jadi tanganku masuk ke dalem sangkar trs megangin tuh burung-burung satu-satu sebagai rasa sayang ku pada mereka *ceilleee…. Maklum lah ya, lagi maruk-maruknya punya piaraan baru. Tapi tanpa di duga salah satunya nylintut dan berhasil kabur dari dalem sangkar. Nyessss gitu rasanya kehilangan burung satu, mana belom ada lima menit pulak di dalem sangkar. Dan beberapa jam kemudian satu burung lain ikut kabur. Doble nyeessss deh. Namun tetep, harus ikhlas. :’( Dan dua burung yang masih tersisa malah pergi ke rahmatullah dua hari kemudian. T_T *ambiltissue

            Selain burung jenis itu, aku juga sempet tiga kali nemu burung di pekarangan rumah. Burung nya kayak gini nih.
Sumber
            Kalo ditempatku nyebutnya pentet, tapi kayaknya ada juga yang nyebut Cendet. Ya… Pokoknya itulah. :D

            Seperti yang udah aku jelasin tadi, bahwasanya aku udah tiga kali nangkep burung model kayak itu. Pertama, waktu aku main-main di pekarangan sebelah timur rumah, tepatnya di antara pepohonan pisang dan jambu biji yang tumbuh secara disengaja. :v tuh burung di patokin sama ayam-ayamku, aku pikir itu apaan, taunya itu burung. Akhirnya, segera aku selamatkan dari patokan si ayam babon. Dan aku pun punya piaraan burung lagi, yang lebih berkelas dikit dari sekedar burung emprit. Wahahah. Namun hal yang sama kembali terulang, burung itu mati kaku gara-gara lupa gak dikasih makan. T_T

            Kedua, masih di pekarangan rumah, tapi yang ini aku temuin di pekarangan sebelah barat rumah. Seekor burung Pentet kembali terdampar di sana. Segera ku tangkap dan happp!! Masuk ke sangkar. Hahaha. Dan seingatku, burung yang ini lepas dari sangkar. T_T

            Ketiga, tekapenya masih sama, gak jauh-jauh sama yang namanya pekarangan. Tapi kali ini di dalem gudang tembakau di pekarangan rumah pak de ku, yang rumahnya tepat di depan rumahku. Waktu itu aku lagi maen manten-mantenan’. Kalo gak salah, aku berperan sebagai calon ibu mertua yang sekaligus jadi make up pengantenya. Hahaha. *maklum lah ya, permainannya anak duluk kan gitu. Maen dipekarangan, beda sama anak sekarang. Pada pegang ipad, tablet, sama apaan lagi dah tuh. Tanpa disengaja, ada sesosok seekor burung cendet beterbangan rendah di dalam gudang tersebut. Akhirnya acara manten-mantenanpun berubah menjadi acara pesaingan sehat untuk menangkap burung cendet yang mangkring di sisi gudang setinggi 3-4meter. Iya, jadi kita ber… berapa ya itu dulu, pokoknya ramai-ramai cewek-cowok pada manjat gudang tembakau cuman buat ngrebutin burung itu. Dan aku? Ya eyalahh ikutan manjat. Makanya kan aku bilang ini yang ketiga, karena aku yang berhasil nangkep. :D
*Gudang tembakau ini terbuat dari bambu dengan bagian atap dan semua sisinya ditutup dengan daun tebu kering yang telah di susun terlebih dahulu sebelum dipasangkan menutupi semua sisi gudang. luasnya gak jauh beda sama luas rumah penduduk di desaku sekitar 8x12 meter dan bahkan bisa lebih dari itu. Dibagian tengah terdapat susunan bambu yang melintang dari bawah (paling bawah setinggi 2meter) hingga atas, dmana tiap bambu yang melintang berjarak satu meter dengan bambu di atasnya dan dua meter dengan bambu di sampingnya. Hal tersebut berfungsi sebagai tempat digantungkannya tembakau yang sudah di susun dalam satu utas tali rafia sepanjang 2 meter. (ribet ya jelasinya, haha)

            Tapi beberapa hari kemudian, ternyata tetanggaku mengaku kalo itu burung adalah miliknya yang lepas beberapa hari lalu. Hahaha. Yaudah sana deh ikut sama juraganmu nak!

            Selain cerita burung di atas, aku juga sering sih main-maen ke pekarangan belakang alias mburitan omah buat berburu burung bareng anak-anak tetangga seusiaku. Yang pasti burung emprit. Karena burung jenis ini populasinya gak ada habisnya kayaknya. Buanyaakk. Ngocehnya juga elegant, cuman cemprit-cemprit  dua kali tiap satu hela napas gitu kayaknya kedenger di telingaku. Hahahah *kayak tau aja satu hela napas buat burung kayak gimana. Hahahahahaa. Tapi tetep… hasil akhir selalu deh burung-burung yang kupiara pada modyar semua. >_<

         Dan…. dari cerita di atas dapat di simpulkan bahwa aku emang gak bakat miara burung. =))

            
             

1 comment: